STUDY KASUS EKONOMI KELAS X

Posted: 3 Agustus 2009 in Uncategorized

Penebangan hutan ilegal oleh sekelompok pengusaha atau penjarahan hutan oleh masyarakat di daerah hutan Kalimantan, Sumatra dan Sulawesi dan daerah sekitarnya di Tanah Air telah menjadikan hutan dunia menjadi gundul, yang berakibat sangat fatal terhadap kelangsungan ekosistem lingkungan alam dunia. Lapisan ozon terus menipis sehingga udara di bumi semakin panas, marga satwa di dalamnya terancam punah, struktur tanah yang rusak akhirnya mengakibatkan kerusakan alam di dalamnya. Seperti banjir dan longsor pasti akan terjadi. Dan tentunya peristiwa bencana yang terjadi dewasa ini merupakan salah satu jawabannya.

Tugasnya!!
Berikan pendapat anda mengenai isi wacana di atas, apa yang harus dilakukan pemerintah, masyarakat, dan pendapat anda sendiri untuk mencegah dan mengatasi keadaan tersebut?? Jawaban lebih dikembangkan dan lebih kreatif.

Komentar
  1. menurut saya . penebangan hutan didaerah kalimantan sangatlah merugikan masyarakat setempat dari penebangan itu dapat menimbulkan bencanna bagi masyrakat di kalimantan dan dapat menggangu aktivitas warga sekitar.
    untuk pemerintah itu sendiri wajib menghukum atau menindaklanjuti ulah manusia yang menyebabkan kerugian besar bagi masyrakat setempat….
    dan untuk masyarakat harus bisa menjaga hutan yang ada disekiling masyarakat itu sendiri.

  2. menurut saya penabangan hutan ilegal didaerah kalimantan sangat merugikan daerah kalimantan dan setempat karena dengan terjadinya penebangan akan menyebabkan banjir dan longsor yang akan menghambat aktivitas masyarakat kalimantan .
    untuk pemerintah harus lebih tegas menindaklanjuti kasus yang terjadi di kalimantan karena itu hutan dinegara indonesia sudah semakin sedikit yang menjadi resapan air berkurang
    bagi masyarakat harus lebih menjaga hutan yang masih ada disekitar masyarakat atau dimanapun

  3. trii handayanii mengatakan:

    menurut pendapat saya , seharusnya pemerintah dan masyarakat menanami kembali hutan-hutan yang sudah gundul , karena untuk mengurangi lapisan ozon ( global warming ) , dan mencegah banjir serta longsor .

  4. Muhammad rifki mengatakan:

    di kumpul kapan pak???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s