Artikel Website Dalam Ranah Bisnis

Posted: 9 Juli 2009 in Uncategorized

BAB I
PENDAHULUAN

A. Ringkasan Artikel
Dengan adanya internet, banyak hal yang telah berubah di dunia ini. Contoh yang paling nyata adalah hadirnya kafe-kafe internet yang telah mengubah gaya hidup orang dan juga munculnya toko-toko online yang menjual berbagai barang dan jasa. Sehingga orang bisa membeli segala sesuatu tanpa harus keluar rumah dengan melalui website. Dalam banyak hal, website biasa digunakan untuk memperkenalkan diri, organisasi atau bisnis kita pada orang-orang di sekitar dan bahkan pada seluruh dunia. Tidak jarang orang mempublikasikan pengetahuan, ide dan produk di dalam website.
Dengan memiliki website, berarti kita seperti memiliki toko yang buka 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu yang memberikan kesempatan pada calon pelanggan membeli setiap saat dan darimana saja. Bandingkan biaya yang harus kita keluarkan untuk memiliki sebuah toko yang harus buka 24 jam sehari. Dengan membayangkan 0,1% saja dari pengguna Internet tersebut berkunjung ke website kita dalam satu hari, toko kita sudah seperti diserbu oleh 27 ribu orang sehari atau 1.125 orang dalam sejam.
Dengan segala kemudahan untuk memiliki sebuah website dan murahnya biaya dalam mendapatkan layanan internet, generasi baru semakin banyak yang mendapatkan layanan internet. Dan siapa saja yang tidak mengenal internet akan sangat ketinggalan informasi yang konon mahal harganya.

B. Perumusan Masalah
Sekarang ini, semakin banyak orang yang menggunakan internet dalam mencari produk dan layanan. Melalui website kita tidak hanya dapat memperoleh banyak ilmu pengetahuan dan informasi, akan tetapi juga dapat memasarkan produk dan layanan. Dengan bertambahnya pengguna internet dari waktu ke waktu, semakin banyak pula peluang yang kita peroleh dengan menawarkan produk melalui website. Dengan demikian kita dapat menarik rumusan masalah ”Bagaimana hubungan antara sistem informasi melalui website terhadap ranah bisnis?”

C. Tujuan Penulisan Makalah
Analisis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sistem informasi melalui website terhadap ranah bisnis.

BAB II
PEMBAHASAN (KAJIAN TEORETIK)

A. TEORI/KONSEP YANG RELEVAN
1. Definisi-definisi (deskripsi teoretik)
a. Teori Haag Cummings & Philiips
Di dalam bisnis yang berskala besar penerapan Teknologi Informasi dinilai penting. Teknologi Informasi (TI) akan membantu kita mengerti bagaimana penggunaan seluruh teknologi informasi mendukung untuk mencapai tujuan organisasi dan strategi. Di dalam buku Major Business Initiatives Gaining Competitives Advantage With IT, Haag Cummings & Philiips menyebutkan bahwa ada dua hal penting untuk menunjang kretifitas bisnis melalui TI adalah Porter’s Five Model dan Value Chains. Porter’s Five Model kegunaannya untuk pebisnis ketika berpikir tentang strategi bisnis dan pengaruh TI yaitu :
1. Kekuatan pembeli (buyer power)
2. Kekuatan pemasok (supplier power)
3. Ancaman produk-produk pengganti atau jasa (threat of subtitutes products or services)
4. Ancaman dari pendatang baru (threat of new entrants)
5. Persaingan antara kompetitor yang ada (rivalry among existing competitors)

Sedangkan Value Chains adalah rantai nilai atau rangkaian proses yang bisa menambah nilai pada produk atau jasa untuk pelanggan yang menekankan aktivitas khusus bisnis dengan menerapkan strategi kompetitif dengan menggunakan sistem informasi.

b. Teori Mcleod
Konsep Dasar Bisnis Inteligen adalah sebuah konsep yang menggunakan berbagai macam teknologi dan aplikasi untuk melakukan berbagai proses pengumpulan data, integrasi, analisis, hingga mempresentasikan data-data tersebut menjadi informasi yang bermanfaat bagi organisasi.
Tujuan Bisnis Inteligen untuk mendukung pengambilan keputusan dalam dunia bisnis. Diperlukan sebuah sistem yang menterjemahkan data menjadi informasi yang mudah dicerna dan tepat sehingga dapat dipakai untuk membuat keputusan bisnis yg tepat. Alat dasar inteligensi bisnis : peranti lunak untuk query basis data dan laporan, perangkat analisis data multidimensi (OLAP) dan penggalian data.
Selain itu, McLeod berpendapat bahwa keunggulan kompetitif dapat diwujudkan dalam bentuk keunggulan- keunggulan di bidang stratrgis, taktikal dan operasional. Keunggulan strategis memungkinkan web browser untuk mengakses laporan secara maya dari berbagai tempat di dunia sehingga pelanggan dan pemasok yang berpotensi di berbagai tempat di seluruh dunia memiliki akses yang memadai. Keunggulan taktikal dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui sistem informasi berbasis komputer. Keunggulan operasional adalah keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan proses sehari hari. (McLeod & P.Schell : 2007)

2. Proses, Mekanisme, Elemen-Elemen, Faktor-Faktor yang Berperan.
Teknologi informasi berkembang dengan maraknya sebagai akibat semakin merebaknya globalisasi. Teknologi diharapkan dapat menjadi fasilitator dan interpreter dalam menghadapi setiap gejolak yang muncul. Semula teknologi informasi digunakan hanya terbatas pada pemprosesan data. Dengan berkembangnya teknologi tersebut, hampir semua aktivitas organisasi atau lembaga saat ini telah menggunakan aplikasi dan otomatisasi informasi.
Terdapat berbagai macam teknologi informasi yang telah berkembang dan diterapkan dalam organisasi modern antara lain: Electronic Data Interchange (EDI), Wide Area Network (WAN), Local Area Network (LAN), Decision Support System (DSS), Expert System (ES), dan Internet yang semuanya menggunakan komputer sebagai sarana informasi tersebut.
Sistem Informasi ”berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah ”computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
Sehingga penggunaan system informasi untuk bisnis juga menggunakan teknologi yang disebut website, dalam mempromosikan produk/jasa yang ditawarkan. Oleh karena itulah, komputer juga berperan sangat penting dalam proses pemasaran produk atau usaha bisnis seseorang ataupun suatu organisasi.
Selain itu banyak faktor yang berperan dalam penerapan website untuk bisnis. Seperti faktor kekuatan konsumen atau pembeli yang menjadi fokus utama dari usaha bisnis tersebut. Ada pun faktor keunggulan kompetitif dari pelaku usaha bisnis dengan menggunakan website ini juga menjadi faktor yang mendukung pengusaha bisnis melalui website. Hal ini dimaksudkan agar setiap usaha bisnis yang dilakukan memiliki keunggulan dibandingkan produk lain yang sejenis.
Dengan demikian banyak faktor yang berperan dalam penerapan usaha bisnis melalui website. Sehingga diharuskan bagi setiap bisnis yang menggunakan media website untuk mempertimbangkan berbagai macam faktor yang berperan dalam bisnis melalui website ini.

B. ANALISIS MASALAH
Berdasarkan teori yang telah dijabarkan, maka dapat dianalisa bahwa dalam melakukan bisnis inteligen harus memperhatikan banyak hal. Selain masalah internal tentunya juga terdapat masalah eksternal yang harus diantisipasi para pelaku bisinis website. Permasalahan internal yang harus dihadapi pelaku bisnis website ini adalah keunggulan kompetitif yang harus dimiliki pelaku bisnis. Penyebab dari diharuskannya memiliki suatu keunggulan kompetitif dalam usaha bisnis melalui website ini adalah keinginan konsumen yang bervariasi dan menuntut suatu produk yang berkualitas dan unik. Oleh karena itulah Setiap pelaku bisnis apapun, sebaiknya memikirkan keunggulan produk yang ditawarkan. Hal ini dimaksudkan agar konsumen sebagai faktor utama dalam ranah bisnis ini, dapat membedakan produk yang berkualitas, unik dan terjangkau seperti yang mereka inginkan. Dengan demikian produk yang kita tawarkan sebagai produsen memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk lain yang sejenis.
Ada juga masalah eksternal yang dihadapi pelaku bisnis dengan website ini. Permasalahannya adalah kompetitor yang ada atau pesaing, pendatang baru atau bahkan munculnya produk pengganti. Penyebabnya adalah dukungan dari stakeholder yang menginginkan suatu produk/jasa yang ditawarkan hendaknya berdasarkan dengan standar keinginan mereka atau adanya variasi kebutuhan dan keinginan dari stakeholder sebagai pengguna produk/jasa website dalam ranah bisnis ini.
Jadi dalam hal ini masalah yang dihadapi adalah bervariasinya keinginan konsumen untuk suatu produk/jasa yang ditawarkan oleh produsen sehingga diharuskan memenuhi keinginan konsumen yang sangat bervariasi dan selalu berubah-ubah. Jika ditinjau dari segi cost dan benefit, penggunaan website justru akan menekan biaya pemasaran yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun dengan menggunakan website justru akan menekan biaya dan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Produk yang ditawarkan dapat dipromosikan secara global, namun tidak memerlukan biaya yang sangat besar untuk mempromosikannya.
Sedangkan ditinjau dari segi stakeholder, seperti departemen teknologi dan informasi, konsumen, pebisnis warnet, perusahaan/wirausaha, dan lain-lain. Tentunya mereka pun bervariasi dalam memberikan dukungan terhadap penggunaan website dalam ranah bisnis ini. Namun secara keseluruhan, dengan zaman yang semakin modern dan teknologi sudah canggih penggunaan website untuk kepentingan bisnis pun banyak menuai dukungan dari stakeholder yang ada.
Oleh karena itulah maka penggunaan website dalam ranah bisnis dapat dilaksanakan sesuai dengan pertimbangan cost dan benefit serta dukungan dari stakeholder yang ada.

C. EVALUASI TERHADAP ”URGENCY DAN IMPORTANCE” MASALAH/DAMPAK
Sistem informasi menjadi alat integral, online, dan interaktif dlm operasi organisasi bisnis khususnya dalam pengambilan keputusan. Dampak penggunaan sistem informasi dalam organisasi bisnis secara organisatoris menjadi flat (datar) shg terjadi penurunan jumlah manajer. Hal tersebut terjadi karena dengan menggunakan sistem informasi segala sesuatunya telah terkelola secara komputerisasi jadi yang bekerja adalah komputer sedangkan posisi manajer dan tenaga kerja terkesan tidak terlalu dibutuhkan lagi, hanya tenaga-tenaga ahli dalam bidang sistem informasi yang sangat dibutuhkan.
Sehingga jika dilihat dari faktor urgencynya penggunaan website secara ekonomi mengurangi biaya-biaya transaksi; biaya manajemen; biaya pengawasan, dsb.nya. Dan karenanya penggunaan sistem informasi dalam hal ini website memiliki kepentingan (importance) yaitu membentuk keunggulan kompetitif suatu organisasi bisnis. Dengan demikian penggunaan website dalam ranah bisnis dapt dikategorikan urgent dan important atau mendesak dan penting untuk dilaksanakan.
Berdasarkan pertimbangan urgency dan importance terhadap dampak atau masalah atau dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan website dalam ranah bisnis maka sebaiknya para pelaku bisnis mulai menggunakan media website untuk bisnisnya. Hal ini dikarenakan pertimbangan faktor cost and benefit, stakeholder, serta urgency dan importance dari penggunaan website dalam ranah bisnis. Jadi hipotesisnya adalah terdapat hubungan yang positif antara penggunaan sistem informasi melalui website dengan ranah bisnis yang ada.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN
Setelah membaca artikel yang berjudul ”website dalam ranah bisnis” maka dapat disimpulkan bahwa masalah utama dalam website di ranah bisnis adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang bervariasi. Namun dengan adanya teknologi website dapat meminimalisir kebutuhan dan keinginan konsumen yang bervariasi, dikarenakan dengan adanya website para pelaku bisnis dapat memasarkan berbagai macam produknya dengan klasifikasi yang sedetail mungkin atau dengan dilengkapi fitur-fitur produk yang ditawarkan sehingga menarik minat dari para konsumen. Sehingga para konsumen dapat mencari dan memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka tanpa harus bersusah payah mendatangi tempat transaksi. Dengan perkembangan jaman dan kecanggihan teknologi sekarang ini, maka pemasaran produk dengan menggunakan website dapat diakses secara global sehingga akan menguntungkan kedua belah pihak antara pelaku bisnis sebagai pihak produsen dan masyarakat sebagai pihak konsumen. Dimana pelaku bisnis dapat menghemat biaya pemasaran sedangkan konsumen dapat menghemat waktunya untuk mencari produk/jasa yang ditawarkan pelaku bisnis. Berdasarkan penjabaran kajian teori maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara sistem informasi melalui website terhadap ranah bisnis.

B. SARAN
1. Pembuat Keputusan Bisnis (Manajer) dalam menggunakan website hendaknya untuk memperoleh informasi yang akurat dan tidak kedaluarsa, mudah dimengerti dan tidak menimbulkan efek ambigu.
2. Pekerja tenaga pemasaran hendaknya menggunakan sistem informasi melalui website dalam melakukan riset untuk memperoleh perilaku pasar, info produk pesaing, dsb.nya.
3. Konsumen atau masyarakat, hendaknya menggunakan website untuk mencari produk/jasa yang sesuai dengan yang diinginkan karena akan menghemat biaya dan waktu.
4. Dunia pendidikan (pelajar, mahasiswa, sekolah, guru, dosen, peneliti, dll) hendaknya menggunakan website untuk mencari referensi atau saling berbagi ilmu pengetahuan selain akan lebih banyak yang didapat, sebagai pelaku pendidikan diperlukan untuk selalu up to date terhadap perkembangan ilmu pengetahuan terkini.

DAFTAR PUSTAKA

McLeod Raymond, Jr & Schell P. George Sistem Informasi Manajement. Indonesia: Indeks, 2007

Cummings haags & Philips, Major Business Initiatives Gaining Competitives Advantage With IT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s